Home / Daerah / Hukum

Jumat, 3 Mei 2024 - 14:05 WIB

Tetapkan Dua Tersangka, Bea Cukai Lhokseumawe Musnahkan 298 Ribu Rokok Ilegal

Bea Cukai Lhokseumawe Musnahkan 298 Ribu Rokok Ilegal

Bea Cukai Lhokseumawe Musnahkan 298 Ribu Rokok Ilegal

Lhokseumawe-  Satuan Tugas (Satgas) Penindakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Lhokseumawe melakukan pemusnahan barang bukti rokok ilegal di halaman kantor setempat, Jumat (3/5).

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Lhokseumawe, Agus Siswadi, mengatakan barang bukti yang dimusnahkan itu bermula adanya informasi dari masyarakat yang disampaikan kepada Bea Cukai Lhokseumawe bahwa akan ada pengiriman rokok ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Lhokseumawe.

Baca Juga  Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta
dua orang berinisial ZN asal Aceh Utara dan RZ asal Lhokseumawe

Berdasarkan informasi tersebut, lanjut Agus Siswadi, tim penindakan Lhokseumawe segera bergerak ke Jalan PT. KKA, Simpang Rambong, Gampong Seumirah, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, untuk melakukan pemantauan terhadap informasi yang diberikan.

“Dari hasil pemantauan didapati sebuah mobil pick up bersama dua orang berinisial ZN asal Aceh Utara dan RZ asal Lhokseumawe yang dicurigai mengangkut rokok ilegal di daerah Jalan PT. KKA Aceh Utara. Tim lalu menghampiri mobil tersebut untuk melakukan pemeriksaan. Setelah dilakukan pemeriksaan di dapat mobil pengangkut rokok ilegal yang tidak dilekati pita cukai,”katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, tim kemudian melakukan penindakan dan membawa mobil pick up beserta dua orang tersebut ke Kantor Bea Cukai Lhokseumawe untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dilakukan pencacahan, didapati sebanyak 298 ribu batang rokok ilegal dengan perkiraan nilai mencapai Rp 107 juta.

Baca Juga  Kolaborasi dengan PDGI, PT PIM Realisasikan Program Aku Sehat
Barang bukti rokok ilegal

Agus mengatakan berdasarkan pengakuan tersangka rokok itu rencananya akan diedarkan di wilayah Bener Meriah dan Aceh Tengah.

“Kerugian materil berupa potensi penerimaan negara yang tidak ditagih dari pajak rokok dan cukai sebesar Rp 390.255.800,”katanya.

Upaya penindakan ini merupakan bukti keseriusan dan kegigihan Bea Cukai Lhokseumawe untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Sedangkan untuk tersangka akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat bila mengetahui adanya peredaran rokok ilegal diharapkan dapat menginformasikan kepada Bea Cukai Lhokseumawe,” harapnya.[]

Share :

Baca Juga

Daerah

Selamat, Magister Administrasi Publik Unimal Peroleh Akreditasi Unggul

Daerah

Kolaborasi dengan PDGI, PT PIM Realisasikan Program Aku Sehat

Daerah

Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

Daerah

Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Daerah

Tiga Pria Penjual Orangutan di Aceh Tamiang Ditangkap Polisi

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Angin Kencang di Aceh Utara

Daerah

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 173 Bangunan di Tanah Luas

Daerah

Promosikan Wisata, Pemko Lhokseumawe Gandeng Gen Z pada Ajang Duta Wisata