Home / Daerah / Ekonomi

Rabu, 17 April 2024 - 17:49 WIB

Susi Air Resmi Layani Penerbangan ke Sabang, Ini Harga Tiketnya

Penerbangan Susi Air Resmi Dibuka, Jalur Udara jadi Alternatif Wisatawan dari Banda Aceh ke Sabang

Penerbangan Susi Air Resmi Dibuka, Jalur Udara jadi Alternatif Wisatawan dari Banda Aceh ke Sabang

Banda Aceh – Maskapai Susi Air resmi melayani rute penerbangan Banda Aceh – Sabang atau sebaliknya, sehingga dinilai menjadi alternatif pilihan transportasi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Weh itu.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Selasa, mengatakan transportasi ke Sabang semakin mudah dengan hadirnya perjalanan jalur udara. Apalagi, selama ini penyeberangan ke Sabang hanya dilayani jalur laut menggunakan kapal cepat dan kapal ferry roro.

“Alhamdulillah hari ini Susi Air sudah terbang ke Sabang, kita tahu ini menjadi salah satu solusi dan pilihan bagi wisatawan yang akan ke Sabang. Tidak hanya mengandalkan kapal laut, tapi sekarang sudah bisa juga dengan udara, jadi semakin banyak alternatif pilihan bagi wisatawan ke Sabang,” kata Reza.

Baca Juga  Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Hal tersebut disampaikan Reza di sela-sela acara penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya yang mendarat di Bandara Maimun Saleh (MUS) dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Ia menjelaskan, peningkatan kunjungan wisatawan pasca libur Lebaran Idul Fitri menjadi peluang besar bagi penerbangan ke Sabang, yang juga akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat maupun wisatawan.

Kata dia, Pemerintah Kota Sabang sangat berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah menjadikan Sabang sebagai salah satu destinasi dari program penerbangan subsidi dari pemerintah itu.

“Ini adalah pembuka, jadi sangat besar kemungkinan penerbangan ini juga akan mendorong dibukanya penerbangan-penerbangan lain. Jika awalnya subsidi barangkali ke depan kalau pasarnya bagus juga akan bisa jadi jalur komersil,” ujarnya.

Reza juga berterima kasih kepada Komandan Lanud MUS Sabang Irdhian Krisnayogi juga seluruh Forkopimda setempat yang telah mendukung hadirnya transportasi udara ke kota paling barat barat Indonesia itu.

Baca Juga  Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

“Kita sama-sama komitmen akan menyukseskan penerbangan ini. Saya juga mengajak masyarakat, khususnya para pelaku pariwisata untuk menggunakan jasa penerbangan, selain kapal kita juga punya jasa penerbangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) MUS Falatehan Hasudungan mengatakan semua unsur telah siap untuk melakukan aktivitas berkaitan penerbangan. Banda Aceh-Sabang menjadi rute tambahan penerbangan perintis di Aceh yang disetujui Kementerian Perhubungan berdasarkan usulan dari Pemerintah Aceh.

“Tiket untuk rute Banda Aceh-Sabang dengan harga Rp220 ribu sekali GT jalan, sedangkan untuk rute sebaliknya Sabang-Banda Aceh dengan harga Rp132 ribu. Itu net untuk semua penumpang, dengan keberangkatan dua kali seminggu yakni hari Selasa dan Jumat,” ujarnya.

Selain Banda Aceh-Sabang, pada 2024 beberapa rute penerbangan perintis lain di Aceh yaitu Medan-Singkil, Medan-Gayo Lues, dan Gayo Lues-Takengon, dengan frekuensi masing-masing dua kali per pekan.

Ia berharap ke depan penerbangan perintis tersebut bisa terus berjalan. Tidak hanya berhenti pada penerbangan perintis, tetapi bisa menjadi penerbangan mandiri atau komersil untuk kepentingan masyarakat Sabang.[]

Sumber: Antara

Share :

Baca Juga

Daerah

Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Daerah

Tiga Pria Penjual Orangutan di Aceh Tamiang Ditangkap Polisi

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Angin Kencang di Aceh Utara

Daerah

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 173 Bangunan di Tanah Luas

Daerah

Promosikan Wisata, Pemko Lhokseumawe Gandeng Gen Z pada Ajang Duta Wisata

Ekonomi

Tembus Ratusan Triliun, Segini Uang Negara Habis Buat Gaji-Tukin PNS

Daerah

Gait Pendanaan Lembaga Internasional, Dosen Kedokteran Unimal Gelar Brain Awareness Week di Lhokseumawe

Daerah

Diisukan Maju Cagub, Ketua DPRA Minta Pj Gubernur Aceh Mundur-Tak Munafik