Home / Kesehatan

Kamis, 7 Maret 2024 - 23:11 WIB

Manfaat Tersembunyi Kemiri untuk Kulit dan Wajah

Buah Kemiri

Buah Kemiri

LinkkaMedia – Ternyata minyak ekstrak biji kemiri memiliki banyak manfaat untuk kulit dan wajah.

Melansi Cilinikally, kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccanus, merupakan pohon tropis yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Pohon kemiri memiliki banyak kegunaan termasuk sebagai sumber penerangan, minyak goreng dan untuk pengobatan.

Khusus di industri kecantikan, bagian yang paling bermanfaat adalah minyak ekstraksi dari biji buah kemiri. Lalu apa manfaat kemiri untuk kulit dan wajah?

Minyak kemiri merupakan sumber asam lemak yang sangat kaya, termasuk asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, antioksidan, vitamin A dan vitamin E. Kandungan tersebut memberikan banyak manfaat bagi kulit untuk hidrasi, anti penuaan dini dan perlindungan melawan pemicu stres pada lingkungan.

Dalam pengobatan tradisional, pohon kemiri telah digunakan elama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Sifat anti-inflamasinya menjadikan kemiri obat yang efektif menenangkan kulit yang mengalami iritasi.

Ini menunjukan bahwa kemiri sudah sangat dikenal manfaatnya untuk perawatan kulit. Terutama karena kandungan asam lemak, anti-oksidan dan vitaminnya.

Inilah yang juga membuat banyak produk kecantikan menggunakan minyak kemiri sebagai salah satu bahan utamanya. Sekarang, yuk kenali manfaat minyak kemiri untuk kulit dan wajah Anda!

Ini manfaat kemiri untuk perawatan kulit dan wajah

  • Menghidrasi kulit yang kering dan memaksimalkan barrier kulit

Kandungan asam lemak yang tinggi pada kemiri membantu menjaga kelembapan kulit wajah dan memperkuat perlindungan pada kulit.

Asam lemak ini bekerja dengan mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari kerusakan lingkungan sehingga menghasilkan kulit yang lebuh sehat dan kenyal.

  • Sifat antioksidan

Minyak kemiri mengandung antioksidan kuat yang membantu menetralisir radikal bebas penyebab penuaan dini dan kerusakan sel kulit.

Dengan memasukkan minyak kemiri dalam perawatan kulit, Anda dapat membantu mencegah stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

  • Anti-inflamasi atau peradangan dan anti penuaan dini

Sifat anti inflamasi dalam minyak kemiri menjadikannya bahan yang sangat baik untuk menenangkan kulit yang sedang iritasi atau mengalami peradangan.

Sebagai tambahan, manfaat anti penuaan alami minyak ini mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, membuat kulit lebih muda dan bercahaya. []

kontan.co.id/Cilinikally

Share :

Baca Juga

Daerah

Gait Pendanaan Lembaga Internasional, Dosen Kedokteran Unimal Gelar Brain Awareness Week di Lhokseumawe

Daerah

Peringati HANI 2024, 100 ASN Lhokseumawe Jalani Tes Urine

Kesehatan

3 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Singkong Rebus

Daerah

Kolaborasi PIM dan Dinas Kesehatan Aceh Utara, Cegah Kasus Demam Berdarah,

Daerah

Jusber, Program Rutin PT PIM Sosialisasi dan Cek Kesehatan Masyarakat Lingkungan

Kesehatan

9 Obat Kolesterol Alami yang Efektif dan Mudah Ditemukan

Figur

Khairunnisa, Dokter Klinik Unimal yang Berdedikasi