Home / Daerah / Pendidikan

Kamis, 4 Juli 2024 - 12:03 WIB

Mahasiswa Teknik Informatika Unimal Kirimkan 7 Karya Pada Pelaksanaan Gemastik tahun 2024

Mahasiswa Teknik Informatika Unimal Kirimkan 7 Karya Pada Pelaksanaan Gemastik tahun 2024

Mahasiswa Teknik Informatika Unimal Kirimkan 7 Karya Pada Pelaksanaan Gemastik tahun 2024

Lhokseumawe – Sebanyak 7 karya dikirimkan oleh Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Malikussaleh yang tergabung didalam Tim Gemastik Teknik Informatika 2024. Karya yang dikirimkan dari beberapa divisi yang diperlombakan pada kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2024.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) merupakan program Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi Mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah menyelesaikan studi. Pada tahun ini Gemastik ke 17 mengusung tema “TIK untuk peningkatan pelayanan public menuju masyarakat Indonesia yang Sejahtera”. Berbagai kompetisi akan dilaksanakan diantaranya adalah Pemrograman, Keamanan Cyber, Penambangan Data, Desain Pengalaman Pengguna, Animasi, Kota Cerdas, Karya Tulis Ilmiah TIK, Pengembangan Perangkat Lunak, IoT, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan Pengembangan Bisnis TIK.

Teknik Informatika Universitas Malikussaleh membentuk 9 Tim, 2 tim untuk Pemrograman dan Cyber Security telah siap untuk menunggu jadwal pemanasan dan melaksanakan babak penyisihan secara Daring, sedangkan 7 tim telah selesai mengirimkan 7 karya dari masing-masing divisi yang diikuti untuk menunggu proses seleksi secara Nasional.

Baca Juga  Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Karya Tim Gemastik Teknik Informatika yang dikirimkan diantaranya Smart Trash Bin yaitu penerapan Machine Learning yang dipadukan dengan teknologi Internet of Things (IoT) untuk menyortir sampah ke dalam kategori sampah organik atau non organik secara otomatis, Pada divisi Desain Pengalaman Pengguna mahasiswa TI menciptakan desain rancangan LEGA yang merupakan aplikasi Kesehatan mental yang dirancang untuk membantu pengguna dalam mengelola stress, kecemasan, depresi, dan berbagai kondisi Kesehatan mental lainnya, untuk divisi Penambangan Data (Data Mining) karya dengan judul CekPangan dikirimkan yang merupakan pemanfaatan data beberapa harga pangan di provinsi dalam pulau Sumatera diolah menggunakan metode Long Short Term Memory (LSTM) untuk menghasilkan data nilai prediksi harga dari komoditas harga pangan, dan beberapa karya lain seperti Sipitung sebagai Inovasi Vote Counting System, Desain UI/UX Rangkul sebagai Pendamping masyarakat dalam pelecehan dan kekerasan seksual, KostFinder sebagai platform pencarian kosan yang dapat menemukan kos nyaman, praktis dan sesuai keinginan, dan ShrimpSense sistem teknologi IoT yang memanfaatkan metode Fuzzy Tsukamoto untuk membantu menjaga kualitas air yang dikhususkan untuk ternak udang.

Tim Gemastik Teknik Informatika Universitas Malikussaleh dibimbing langsung oleh Said Fadlan Anshari, S.Kom, M.Kom dan Rizki Suwanda, S.T., M.Kom yang merupakan Dosen pada program studi Teknik Informatika Universitas Malikussaleh. Rizki Suwanda sebagai salah satu pembimbing menyampaikan bahwa ajang gemastik ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa/i untuk menggali potensi dan kemampuan serta memperluas wawasan dibidang Teknologi Informasi, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Malikussaleh saat ini memiliki potensi itu dan telah siap bersaing untuk menawarkan ide dan penerapannya berupa karya inovatif dan kreatif khusus nya dibidang Teknologi Informasi. Ucapan terimakasih juga kami ucapkan kepada Bapak Rektor Universitas Malikussaleh dan Bapak Dekan Fakultas Teknik serta Ketua Jurusan Informatika yang terus memberikan arahan dan terus mendukung secara penuh kepada tim Gemastik 2024 Teknik Informatika ini.

Baca Juga  Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Munirul Ula, S.T., M.Eng., Ph.D selaku Ketua Jurusan Informatika menyampaikan bahwa Informatika selalu mempersiapkan potensi mahasiswa/i yang siap bersaing di tingkat Nasional maupun Internasional, berbagai program dan inisiatif terus dikembangkan untuk mendukung pengembangan mahasiswa. Saya berharap kegiatan gemastik ini menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk terus menggali potensi dan menuangkan ide karya di bidang teknologi informasi. Kami akan selalu mendukung dan menyediakan sarana serta prasarana yang diperlukan agar mahasiswa dapat terus berkembang dan berinovasi.

Hasil karya yang telah dikirimkan akan melalui proses penjurian di tingkat Nasional dan akan diumumkan pada tanggal 8 Agustus 2024 , dan pelaksanaan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 26 September 2024 sesuai jadwal pada surat pengumuman perubahan jadwal Gemastik 2024.[]

Share :

Baca Juga

Daerah

Tiga Rumah Di Lhokseumawe Terbakar, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Daerah

Pilkada Aceh 2024 dan Tahapannya

Berita Desa

Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Daerah

43 orang ditangkap dalam kasus penyelundupan etnis Rohingya ke Aceh

Daerah

Tokoh Ulama Peusijuek Danramil dan Kapolsek Dewantara yang Baru

Berita Desa

DPC APDESI Aceh Utara Terbentuk, Murdani Ucapkan Selamat

Daerah

Pegawai Honorer Aceh Besar Jadi Korban Penyekapan dan Perampokan, 3 Pelaku Ditangkap