Home / Daerah

Jumat, 12 April 2024 - 17:47 WIB

Lima Pengungsi Rohingya Dikabarkan Hilang di Aceh Barat

Pengungsi rohingya di  Aceh Barat

Pengungsi rohingya di Aceh Barat

Meulaboh –  Kabar mengenai pengungsi Rohingya yang melarikan diri di Aceh sudah menjadi rahasia umum. Kali ini lima pengungsi rohingya di Aceh Barat dikabarkan hilang dari tempat penampungan.

Dilansir habaaceh.id, Jumat (12/4/2024), Kepala Bidang (Kabid) Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Aceh Barat, Arsil, mengaku sudah melakukan penjagaan maksimal di lokasi penampungan sementara pengungsi etnis Rohingya.

Baca Juga  Pilkada Aceh 2024 dan Tahapannya

“Sudah maksimal sebenarnya (penjagaan Satpol PP) karena kita itu penjagaannya nonstop, cuma kan yang namanya kesempatan itu bisa datang kapan saja, mungkin di saat kita lengah, mereka kabur karena akses buat keluar itu banyak sebenarnya,” kata Arsil, Jumat (12/4).

Arsil menyebutkan setiap hari petugas Satpol PP piket atau berjaga di areal kantor bupati untuk menjaga aset dan tamu yang masuk ke wilayah tersebut. Kegiatan itu bahkan dilakukan sejak pengungsi Rohingya belum direlokasi ke Kantor Bupati Aceh Barat dan sudah menjadi tugas Satpol PP.

“Mereka (petugas UNHCR) tidak ada stand by di lokasi, kita yang stand by karena mereka berada di lingkungan kita, jadi kita lebih menjaga keamanan di lingkungan kita itu sebenarnya,” katanya.

Baca Juga  Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Arsil menjelaskan, hingga saat ini belum ada kejelasan dari pihak United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) terkait penjagaan para pengungsi etnis Rohingya di tempat penampungan sementara, di areal kantor Bupati Aceh Barat.

“Itu kan wewenang sebenarnya di pihak UNHCR untuk penjagaan dan seharusnya mereka ada security-nya segala macam karena kalau kita dari Satpol PP lebih kepada pengawasan internal di lingkungan Sekdakab, di luar itu Satpol PP tidak ada wewenang,” ujar Arsil.[]

Sumber: habaaceh.id

Share :

Baca Juga

Daerah

Tiga Rumah Di Lhokseumawe Terbakar, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Daerah

Pilkada Aceh 2024 dan Tahapannya

Berita Desa

Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Daerah

43 orang ditangkap dalam kasus penyelundupan etnis Rohingya ke Aceh

Daerah

Tokoh Ulama Peusijuek Danramil dan Kapolsek Dewantara yang Baru

Berita Desa

DPC APDESI Aceh Utara Terbentuk, Murdani Ucapkan Selamat

Daerah

Pegawai Honorer Aceh Besar Jadi Korban Penyekapan dan Perampokan, 3 Pelaku Ditangkap

Daerah

Teuku Kemal Fasya: Reformasi 1998 Terancam oleh Pelemahan Pemberantasan Korupsi