Home / Nasional / Olahraga

Sabtu, 27 April 2024 - 10:48 WIB

Jadwal Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan Senin, Simak Catatan Manis Shin Tae-yong di Stadion Abdullah bin Khalifa

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama para pemainnya di Piala Asia U-23 2024. Doc. AFC.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama para pemainnya di Piala Asia U-23 2024. Doc. AFC.

Jakarta – Timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin, 29 April 2024, mulai 21.00 WIB. Duel perebutan tiket final itu akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, dengan disiarkan RCTI dan Vision+.

Stadion yang akan menjadi tempat duel Indonesia vs Uzbekistan ini sebelumnya dikenal dengan nama Stadion Lekhwiya SC. Stadion yang menjadi markas Al-Duhail SC ini berkapasitas 10 ribu penonton, dibangun pada 2011 dan selesai Februari 2013.

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sempat mengungkapkan bahwa stadion tersebut memiliki kenangan manis tersendiri untuknya. Juru taktik asal Korea Selatan ini pernah menorehkan beberapa momen penting di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Pertama, ketika Shin Tae-yong sukses membawa timnas Korea Selatan U-23 menembus babak final Piala Asia U-23 2016, sekaligus mempersembahkan tiket Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Saat itu, Korea Selatan di bawah asuhannya berhasil mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 3-1. Kendati pada akhirnya mereka kalah 2-3 dari Jepang di partai puncak, stadion tersebut telah menjadi saksi awal mula kegemilangan karier kepelatihan Shin Tae-yong.

Tak berhenti di situ, kala telah menukangi timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali menorehkan tinta manis dengan mempersembahkan kemenangan penting untuk Tim Merah Putih pada ajang Piala Asia 2023 bersama tim senior dan Piala Asia U-23 2024, saat mereka menang 1-0 atas Australia.

Shin Tae-yong pun merasa dirinya selalu diselimuti keberuntungan jika timnya bermain di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar. “Saya pikir setiap pelatih memiliki perasaan spesialnya tersendiri dan itu bisa menjadi sebuah keberuntungan,” kata dia dalam sesi jumpa pers usai laga Indonesia vs Australia, Kamis, 18 April.

“Saya membawa Korea Selatan lolos ke Olimpiade (2016) dan itu merupakan momen penting. Kemudian pada Januari 2024 lalu, saya bersama timnas Indonesia meraih kemenangan penting atas Vietnam. Tentu saya memiliki perasaan spesial dan beruntung di stadion ini,” kata pelatih yang akrab disapa STY itu menambahkan.

Catatan manis Shin Tae-yong berlanjut di stadion itu saat timnas U-23 Indonesia menghajar Yordania 4-1 dalam laga pamungkas babak penyisihan grup. Hasil itu memastikan Skuad Garuda melenggang ke perempat final dengan status runner-up Grup A.

Di stadion yang sama, kembali Shin Tae-yong merasakan momen luar biasa. Ia membimbing Rizky Ridho dan rekan-rekannya menyingkirkan tim asal negaranya, Korea Selatan, di perempat final, dalam laga sengit yang harus diakhir dengan adu penalti 11-10, menyusul hasil imbang 2-2 di waktu normal hingga perpanjangan waktu.

Pelatih asal Korea Selatan ini akan kembali ke Stadion Abdullah bin Khalifa untuk mendampingi timnas U-23 Indonesia menghadapi Uzbekistan. Tim berjuluk Serigala Putih itu maju ke babak empat besar setelah menumbangkan juara bertahan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Shin Tae-yong tentu berharap keberuntungannya di stadion itu akan berlanjut dan bisa mencatat sejarah baru meloloskan timnas U-23 Indonesia ke final Piala Asia U-23 2024 untuk pertama kalinya, sekaligus meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. []

Sumber: Tempo

Share :

Baca Juga

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Nasional

Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Online

Olahraga

Lamine Yamal: Pencetak Gol Termuda Sepanjang Euro 2024

Nasional

Begini Cara Memindahkan File Menggunakan Google Takeout

Nasional

Mengintip Gaji Ketua KPU Hasyim Asy’ari Sebelum Dipecat

Figur

Abuya Syech Amran Wali Al Khalidy Sambut Tiga Sultan di MPTT Cawang Jakarta

Agama

Besok 1 Muharam 1446 H, Intip Tradisi Sambut Tahun Baru Islam di Dunia

Nasional

Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024: Cek Jadwal dan Syarat Umumnya