Home / Hiburan / Nasional

Senin, 15 April 2024 - 12:44 WIB

Ini Bioskop yang Disebut-sebut Terindah di Dunia

Theater Tuschinski (Foto: Getty Images/Wirestock)

Theater Tuschinski (Foto: Getty Images/Wirestock)

Jakarta – Sebuah bioskop di jantung ibu kota Belanda, Amsterdam bernama Teater Tuschinski disebut sebagai bioskop terindah di dunia. Usianya bahkan sudah lebih dari satu abad.

Dilansir detikTravel, yang mengutip Express.co.uk, Senin (8/1/2023), bioskop tersebut menyajikan interior Art Deco dan Art Nouveau. Tempat duduknya begitu mewah dengan kain beludru.

Penampakan Teater Tuschinski sangat mencolok. Berada di jalanan utama, dinding bagian depan memiliki aksen emas dan penanda tempat dengan nuansa dramatis. Bioskop itu dibangun dari mimpi sang pembuat, Abraham Tuschinski.

Abraham Tuschinski mendirikan teater tersebut bersama saudara iparnya, Herman Gerschtanowitz dan Hermann Ehrlich, pada 1919. Mereka berambisi membuka teater pertama di Belanda dan beruntung, ambisi mereka terus berlanjut hingga saat ini. Kini, teater ini disebut sebagai tempat yang harus dikunjungi para pencinta film.

Dibuka untuk bisnis pada tahun 1921, tempat itu langsung membetot perhatian publik sejak awal dibuka. “Kami menyatakan di hadapan kami dengan murah hati bahwa harapan yang paling tinggi telah terlampaui dan Tuan Tuschinski telah menyumbangkan sebuah teater kepada negara kami, yang tidak ada bandingannya,” tulis sebuah surat kabar Belanda pada saat itu.

Meskipun terjadi pergantian kepemilikan selama Perang Dunia Kedua. Ya, PD II menjadi kisah tragis Tuschinski. Dia terbunuh di Auschwitz dan kepemilikan bioskop itu beralih kepada perusahaan film Jerman, Tobis Film.

Di tangan Tobis Film, gedung bioskop itu terus berkembang dan diakui oleh pemerintah Belanda pada tahun 1967 karena signifikansi arsitekturnya.

Bioskop itu telah mengalami beberapa kali renovasi setelah PD. Terakhir, pada tahun 2021 yang dilakukan pemugaran tepat pada hari jadinya ke satu abad. Renovasi saat itu terjadi di bagian bar yang membuat para penonton dapat menikmati minuman sambil menonton.

Time Out bahkan menganugerahi Theater Tuschinski sebagai bioskop paling indah di dunia. Itu juga diikuti oleh pendapat dari netizen. Para pengulas memberikan pujian tanpa henti terhadap lokasi ini.

“Ini adalah bioskop yang menakjubkan di teater tua yang telah dikonversi dengan tempat duduk beludru merah yang indah, baik tempat duduk individu dan ganda serta kotak. Kami membayar 25 Euro (sekitar Rp 424 ribu) masing-masing untuk satu kotak, makanan ringan dan minuman gratis, serta pemandangan layar lebar. Benar-benar salah satu bioskop terbaik yang pernah saya kunjungi,” tulis seorang pengulas.

“Layak dikunjungi untuk melihat-lihat tempat yang luar biasa, suatu keharusan jika Anda menyukai art deco dan art nouveaux dan ruang tunggu VIP-nya sangat indah,” yang lain menimpali.

“Saya telah menonton ratusan film di bioskop di seluruh dunia dan sejauh ini ini adalah yang paling indah yang pernah saya temui. Setiap ruangan, dinding, kursi, dan langit-langitnya dihiasi dengan hiasan dengan gaya dan karakter yang indah yang mengingatkan Anda pada era keemasan perabotan mewah di awal abad ke-20. Tangga marmer membawa Anda ke kamar-kamar berperabotan kayu dan kursi cinta yang nyaman yang membuat Anda merasa seperti berada di rumah,” review seorang pengguna.

Sumber: Detik.com

Share :

Baca Juga

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Nasional

Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Online

Nasional

Begini Cara Memindahkan File Menggunakan Google Takeout

Nasional

Mengintip Gaji Ketua KPU Hasyim Asy’ari Sebelum Dipecat

Figur

Abuya Syech Amran Wali Al Khalidy Sambut Tiga Sultan di MPTT Cawang Jakarta

Agama

Besok 1 Muharam 1446 H, Intip Tradisi Sambut Tahun Baru Islam di Dunia

Nasional

Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024: Cek Jadwal dan Syarat Umumnya

Nasional

Kronologi Tindak Asusila Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan sebagai Ketua KPU