Home / Olahraga

Kamis, 7 Maret 2024 - 23:22 WIB

Ini 11 Posisi dan Tugas Pemain Sepak Bola

Beragam posisi dalam sepak bola.

Beragam posisi dalam sepak bola.

LinkkaMedia – Inilah 11 posisi pemain sepak bola beserta tugasnya yang menarik untuk dibahas. Dalam sebuah permainan sepak bola, kesebelasan biasanya dibagi dalam beberapa posisi dengan tugasnya masing-masing.

Secara garis besar, pemain dalam permainan sepak bola antara lain adalah kiper, bek atau pemain belakang, pemain tengah atau gelandang, samping atau sayap, dan pemain depan atau striker. Masing-masing dari 11 pemain yang dalam sebuah tim mempunyai fungsi dan tugasnya tersendiri.

Dalam pelaksanaannya, tugas dan fungsi 11 pemain tersebut juga akan disesuaikan dengan taktik dan strategi yang dipakai dalam pertandingan. Berikut adalah tugas para pemain sepak bola sesuai dengan posisinya.

1. Kiper

Kiper atau penjaga gawang memiliki tugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola. Kiper adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangannya dengan aturan-aturan tertentu.

Selain itu, kiper memiliki tugas lain yakni mengarahkan pemain bertahan serta mendistribusikan bola ke depan.

2. Bek Tengah (Center Back)

Bek tengah memiliki tugas dan fungsi untuk menjaga serta melindungi bola agar tidak masuk lini pertahanan. Pemain ini harus memiliki fisik yang kuat agar bisa menghalau penyerang lawan.

3. Bek Penyapu (Sweeper)

Sweeper memiliki tugas untuk mendeteksi bahaya, mengawasi, dan menyapu bahaya dari lawan. Sweeper harus ahli dalam merebut bola dari serangan lawan serta menyapunya ke depan. Letak pemain ini berada di depan kiper.

4. Bek Kiri (Left Back)

Bek kiri memiliki tugas untuk menjaga daerah pertahanan area kiri. Posisi ini juga dapat membantu serangan tim, dan memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.

5. Bek Kanan (Right Back)

Bek kanan bertugas menjaga daerah pertahanan sebelah kanan dan dapat membantu serangan tim. Sama seperti bek kiri, posisi ini juga bertugas memberikan umpan atau mendukung serangan dari pemain penyerang.

6. Gelandang Bertahan (Defending Midfielder)

Gelandang bertahan ditugaskan untuk menghalau serangan lawan sebelum berhadapan dengan bek. Posisi ini biasanya juga menjadi inisiator penyerangan sebuah tim. Gelandang bertahan harus ahli dalam memotong serangan lawan di area tengah lapangan.

7. Gelandang Tengah (Center Midfielder)

Gelandang tengah memiliki tugas menjaga daerah timnya di tengah lapangan. Mereka bertugas mengatur ritme dan alur dalam permainan serta mendistribusikan bola dari pertahanan atau sayap ke lini serang.

8. Gelandang Serang (Attacking Midfielder)

Gelandang serang bertugas menciptakan peluang bagi striker untuk menembakkan bola ke gawang musuh. Pemain ini juga sering dijuluki sebagai otak permainan karena berperan menciptakan pola penyerangan yang strategis.

9. Penyerang Bayangan (Second Striker)

Penyerang bayangan mempunyai tugas untuk memecah konsentrasi pemain bertahan lawan. Mereka juga harus mampu mencetak gol ke gawang lawan. Posisi pemain ini berada tepat di belakang penyerang tengah.

10. Penyerang Sayap (Wing Forward)

Penyerang sayap bertugas mencetak gol serta serangan dari area sayap. Selain itu, mereka perlu memberikan ruang untuk penyerang tengah, penyerang bayangan dan juga memberikan umpan ke penyerang tengah.

11. Penyerang Tengah (Center Forward)

Penyerang tengah memiliki bertugas menerima umpan dari pemain sayap, gelandang, atau penyerang bayangan untuk kemudian mencetak gol dari setiap peluang yang ada.

Itulah 11 posisi pemain dalam sepak bola lengkap dengan tugasnya. Mereka umumnya mengemban tugas ganda sesuai dengan strategi dan taktik yang diterapkan oleh pelatih. []

Sumber: Inews.id

Share :

Baca Juga

Olahraga

Lamine Yamal: Pencetak Gol Termuda Sepanjang Euro 2024

Olahraga

Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026: Semua Grup Isinya ‘Neraka’

Daerah

Nurul Akmal, Lifter Aceh Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Daerah

Ini Jadwal Pertandingan PON ke-XXI di Aceh

Daerah

Kalahkan FEB 5-1, Fakultas Teknik Juara Piala Rektor Cup 2024 Universitas Malikussaleh

Olahraga

Kalah dari Guinea, Ini Pesan Presiden FIFA Buat Warga RI

Nasional

Sivakorn Pu-udom, Wasit VAR Kontroversial di Indonesia vs Uzbekistan

Nasional

Jadwal Timnas U-23 Indonesia vs Uzbekistan Senin, Simak Catatan Manis Shin Tae-yong di Stadion Abdullah bin Khalifa