Home / Daerah

Senin, 3 Juni 2024 - 20:51 WIB

Enam Nelayan Aceh Masih Ditahan di Thailand

Ilustrasi penahanan

Ilustrasi penahanan

Banda Aceh – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh mencatat bahwa enam nelayan Aceh masih menjalani hukuman tahanan oleh otoritas Thailand karena masuk ke wilayah teritorial laut negara tersebut.

“Jumlah nelayan Aceh yang masih ditahan oleh otoritas Thailand mencapai enam orang,” ungkap Kepala DKP Aceh, Aliman, di Banda Aceh, Senin, dikutip dari ANTARA.

Baca Juga  Selamat, Magister Administrasi Publik Unimal Peroleh Akreditasi Unggul

Aliman menjelaskan bahwa selain enam orang tersebut, ada satu nelayan lagi yang belum dapat dipulangkan ke Indonesia meskipun telah dinyatakan bebas, karena masih terkendala administrasi.

“Selain keenam yang masih dipenjara, ada satu lagi nelayan yang belum bisa pulang. Karena ada perbedaan data, ini sedang diselesaikan,” tambahnya.

Enam nelayan yang masih menjalani hukuman tersebut merupakan bagian dari rombongan 40 orang yang ditangkap oleh otoritas Thailand pada Oktober 2023 karena memasuki wilayah laut mereka.

Mereka menjalani hukuman dengan durasi yang berbeda-beda sesuai putusan denda dari pengadilan di Thailand. Sementara yang lainnya sudah dipulangkan ke Indonesia, dan tujuh orang masih tertahan di negara tersebut.

Baca Juga  Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

“Dari keenam nelayan ini, tiga di antaranya merupakan nahkoda, satu kasus berulang (dua kali ditangkap), dan dua lainnya mungkin memiliki pelanggaran yang sedikit lebih berat,” jelas Aliman.

Aliman juga menegaskan bahwa nelayan Aceh yang masih dipenjara di luar negeri hanya di Thailand, sedangkan di negara lain tidak ada lagi.

“Nelayan Aceh di luar negeri saat ini hanya berada di Thailand, mereka berangkat dari pelabuhan Aceh Timur,” tutur Aliman. []

ANTARA

Share :

Baca Juga

Daerah

Selamat, Magister Administrasi Publik Unimal Peroleh Akreditasi Unggul

Daerah

Kolaborasi dengan PDGI, PT PIM Realisasikan Program Aku Sehat

Daerah

Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

Daerah

Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Daerah

Tiga Pria Penjual Orangutan di Aceh Tamiang Ditangkap Polisi

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Angin Kencang di Aceh Utara

Daerah

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 173 Bangunan di Tanah Luas

Daerah

Promosikan Wisata, Pemko Lhokseumawe Gandeng Gen Z pada Ajang Duta Wisata