Home / Daerah

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:45 WIB

Door to Door Turun ke Desa, Disdukcapil Aceh Utara Rekam e-KTP Lansia

Door to Door Turun ke Desa, Disdukcapil Aceh Utara Rekam e-KTP Lansia

Door to Door Turun ke Desa, Disdukcapil Aceh Utara Rekam e-KTP Lansia

ACEH UTARA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Utara, mengerahkan petugas melakukan jemput bola door to door mendatangi warga lansia guna merekam data kependudukan yang dibutuhkan untuk penerbitan e-KTP atau kartu tanda penduduk elektronik di rumah warga tersebut.

Disdukcapil bersama petugas Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sawang dan Kecamatan Dewantara, Senin (20/5/2024) melakukan perekaman e-KTP secara door to door sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Sampai saat ini permintaan perekaman e-KTP oleh warga terus bertambah. Mereka lansia yang meminta perekaman e-KTP di rumah adalah yang sudah tua. Kebanyakan dari mereka juga tidak memiliki keluarga yang dapat mengantarkan perekaman. Padahal, seperti kita ketahui mereka sangat membutuhkan e-KTP untuk kepentingan administrasi. Salah satunya sebagai syarat saat berobat ke rumah sakit,” kata Kabid Dafduk Disdukcapil Aceh Utara, Fuad Jamaluddin.

Baca Juga  Laut Aceh Terancam Sejumlah Masalah

Disdukcapil Aceh Utara juga terus mengebut dalam penyelesaian perekaman e-KTP. Sampai saat ini masih banyak warga yang belum melakukan perekaman data diri.

Petugas Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sawang, Nurmalawati sebagai pendamping warga lansia, menyambut baik program yang dilaksanakan Disdukcapil Aceh Utara, yang memberikan pelayanan terbaik kepada warga Lansia, ujar Nurmalawati.

Sementara itu, Camat Dewantara Nawafil Mahyuda mengatakan, sangat apresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Disdukcapil dalam rangka merekam e-KTP para lansia yang belum memiliki KTP.

Baca Juga  Selamat, Magister Administrasi Publik Unimal Peroleh Akreditasi Unggul

“Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan hari ulang tahun Lansia se-Indonesia yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Aceh Utara yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Aceh Utara, dengan turunnya Disdukcapil ke kecamatan, nantinya betul-betul membantu para lansia,” kata Yuda.

Kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat karena mengingat Lansia ini kan kebanyakan sudah sangat-sangat lanjut usianya tidak mungkin lagi kita bawa ke Kantor Disdukcapil Landing, Lhoksukon.

“Alhamdulillah hari ini Disdukcapil hadir langsung door to door untuk melaksanakan perekaman e-KTP dan hal ini juga dibantu oleh PKH, juga dari aparatur Keuchik setempat untuk memenuhi administrasi yang dibutuhkan oleh catatan sipil untuk agar supaya lansia kita bisa melakukan perekaman e-KTP,” pungkas Yuda. []

Share :

Baca Juga

Daerah

Laut Aceh Terancam Sejumlah Masalah

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Pemulihan Pasca Bencana Angin Kencang di Tanah Luas

Daerah

Selamat, Magister Administrasi Publik Unimal Peroleh Akreditasi Unggul

Daerah

Kolaborasi dengan PDGI, PT PIM Realisasikan Program Aku Sehat

Daerah

Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

Daerah

Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Daerah

Tiga Pria Penjual Orangutan di Aceh Tamiang Ditangkap Polisi

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Angin Kencang di Aceh Utara