Home / Daerah / Ekonomi

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:32 WIB

Buka Puasa Bersama, PT PIM Jalin Silaturahmi dengan Semua Stakeholder

Direktur PT PIM Budi Santoso Syarif memberi kata sambutan di acara buka puasa bersama

Direktur PT PIM Budi Santoso Syarif memberi kata sambutan di acara buka puasa bersama

ACEH UTARA – Dalam mempererat silaturahmi dan kemitraan, PT Pupuk Iskandar Muda menggelar buka puasa bersama dengan Stakeholder dan pimpinan organisasi wartawan dari Aceh Utara dan Lhokseumawe, bertempat Gedung pertemuan PT PIM Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis 28 Maret 2024.

Acara buka puasa bersama tersebut, turut dihadiri Camat Dewantara, Kapolsek, Danramil, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, unsur pemuda, Stakeholder, unsur OKP, para Ketua Organisasi Wartawan serta geuchik lingkungan PT. PIM.

Kegiatan ini merupakan acara rutinitas tahunan yang selalu dilaksanakan oleh PT Pupuk Iskandar Muda di setiap bulan Suci Ramadhan, sebagai bentuk silaturahmi antara karyawan PT.PIM dengan masyarakat, juga disertai dengan tausiah yang diisi oleh Tgk H Muhammad Sufi.

Berkat dukungan dan kepercayaan semua stakeholder selama ini, PIM dapat terus berkontribusi bagi masyarakat lingkungan melalui program-program perusahaan seperti program TJSL, pembinaan UMKM, pemberdayaan lingkungan, serta pelatihan untuk pemuda di lingkungan.

Direktur PT PIM Budi Santoso Syarif, menyampaikan PIM saat ini memiliki dua pabrik urea dan satu pabrik NPK yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI. “Pada awal tahun 2023 lalu, kami sempat mengoperasikan kembali pabrik PIM-1 yang sudah lama tidak beroperasi, sehingga tiga pabrik sempat beroperasi secara bersamaan. Namun karena keterbatasan pasokan gas, pabrik PIM-1 hanya dapat beroperasi selama dua bulan, dan pabrik NPK di shutdown kan karena belum memperoleh rayonisasi subsidi dari pemerintah,”jelasnya.

Baca Juga  Pilkada Aceh 2024 dan Tahapannya
PT Pupuk Iskandar Muda menggelar buka puasa bersama dengan Stakeholder dan pimpinan organisasi wartawan dari Aceh Utara dan Lhokseumawe

Sambungnya, untuk keberlangsungan perusahaan, pihaknya telah melakukan upaya-upaya dalam memenuhi kebutuhan bahan baku utama yaitu gas. Dalam waktu dekat, terdapat potensi gas dari Blok Gebang Sumatera Utara yang volumenya dapat mencukupi untuk mengoperasikan PIM-1. Diperkirakan dapat digunakan pada Semester II tahun 2025. Sementara itu, pabrik NPK akan segera beroperasi kembali mulai April 2024 karena PIM sudah memperoleh rayonisasi pupuk NPK bersubsidi dari pemerintah.

“Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu ada informasi penemuan Blok Andaman dengan potensi cadangan gas 6 TCF. Ini merupakan potensi gas yang sangat besar untuk dapat dikembangkan menjadi produk-produk hilirisasi petrokimia. Kita semua berharap, gas tersebut dapat kita proses menjadi produk hilirisasi dengan membangun pabrik-pabrik baru seperti blue ammonia, methanol, green ammonia, dan green hydrogen di Kawasan IMIA. Bila hal ini terwujud, akan memberi manfaat lebih besar lagi kepada masyarakat lingkungan perusahaan dan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Aceh secara khusus dan Indonesia pada umumnya,” terang Budi Santoso.

Baca Juga  Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Direktur PIM menyebutkan, Pihaknya sangat menyadari bahwa operasional perusahaan dan program-program pengembangan ke depan tidak akan maksimal tanpa adanya dukungan dari semua stakeholder. Untuk itu Budi Santoso berharap agar semua pihak bisa berkolaborasi agar terciptanya iklim investasi yang kondusif khususnya di Kecamatan Dewantara sehingga cita-cita membangkitkan kembali industri di Aceh Utara melalui Kawasan KEK Arun Lhokseumawe dapat terealisasi dengan segera.

“Kami mengharapkan doa dan dukungan masyarakat untuk diberikan kelancaran operasional perusahaan, mendapatkan pasokan gas sesuai yang kita rencanakan, sehingga perusahaan dapat tumbuh dan berkembang serta mampu memberikan manfaat yang lebih besar lagi khususnya untuk masyarakat di lingkungan perusahaan dan masyarakat Aceh pada umumnya,” sebutnya.

Sementara Camat Dewantara, Nawafil Wahyudha S.STP menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak PT PIM atas undangan buka Puasa dan silaturahmi yang dilaksanakan dengan para stakeholder.

“Saya berharap momentum ini juga dapat membawa berkah kepada kita bersama. karena pada ramadhan ini kita masih diberikan kesempatan untuk bisa menjalankan ibadah puasa, dimana disaat sebelum ramadhan, kebanyakan orang-orang dalam doanya selalu meminta untuk diberikan kesempatan dipertemukan dalam bulan ramadhan,” tutupnya.[]

Share :

Baca Juga

Daerah

Tiga Rumah Di Lhokseumawe Terbakar, Kerugian Capai Rp 500 Juta

Daerah

Pilkada Aceh 2024 dan Tahapannya

Berita Desa

Geuchik Bangka Jaya Adakan Pelatihan Penguatan Aparatur Gampong

Daerah

43 orang ditangkap dalam kasus penyelundupan etnis Rohingya ke Aceh

Daerah

Tokoh Ulama Peusijuek Danramil dan Kapolsek Dewantara yang Baru

Berita Desa

DPC APDESI Aceh Utara Terbentuk, Murdani Ucapkan Selamat

Daerah

Pegawai Honorer Aceh Besar Jadi Korban Penyekapan dan Perampokan, 3 Pelaku Ditangkap

Daerah

Teuku Kemal Fasya: Reformasi 1998 Terancam oleh Pelemahan Pemberantasan Korupsi