Home / Agama / Nasional

Sabtu, 6 Juli 2024 - 12:53 WIB

Besok 1 Muharam 1446 H, Intip Tradisi Sambut Tahun Baru Islam di Dunia

Foto: Kirab Muharram. (detikcom)

Foto: Kirab Muharram. (detikcom)

LinkkaMedia – Tahun baru Islam di Indonesia akan jatuh pada Minggu (7/7/2024) besok dan 1 Muharram 1446 H juga akan jatuh pada esok hari.

Dalam sejarahnya, tahun Baru Islam berkaitan dengan peristiwa di tahun 622 M, ketika Nabi Muhammad dan para pengikutnya bermigrasi secara rahasia dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan hijrah.

Pada tahun 639 M, Umar bin Khattab sebagai khalifah kedua melembagakan kalender sebagai upaya mengatur kehidupan tradisi Islam. Sejak saat ini, Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Islam dan ikut dirayakan setiap tahunnya oleh umat muslim.

Di berbagai negara dunia, Tahun Baru Islam dirayakan dengan meriah melalui berbagai tradisi. Apa saja? Berikut daftarnya.

1. Indonesia

Sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai tradisi unik dalam perayaan tahun baru Islam.

Pertama, yakni Pawai Obor, di mana tradisi Tahun Baru Islam ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di desa ataupun kota besar. Dalam tradisi ini, masyarakat dari anak-anak hingga orang dewasa berkeliling memegang obor sambil melantunkan sholawat sepanjang jalan.

Kedua, yakni Bubur Suro, sebuah upacara yang biasanya ditemukan di budaya Jawa Barat dan beberapa daerah di Jawa Tengah. Upacara ini dilakukan dengan menyajikan bubur merah dan bubur putih yang disantap bersama-sama.

Ketiga, Kirab Kebo, biasanya dilakukan di Keraton Surakarta. Pada malam satu suro kerbau diarak keliling kota yang diikuti oleh keluarga keraton.

2. Amerika Serikat

Meski bukan negara dengan penduduk yang mayoritas agama Islam, Tahun Baru Islam di AS tidak dirayakan sebagai hari libur budaya maupun keagamaan. Namun, penduduk muslim di sana memiliki kesempatan untuk melakukan ibadah di hari ini.

Seperti hari raya, mereka akan menghadiri beberapa kajian dan doa bersama di masjid. Setelah itu, mereka berkumpul dan makan bersama di rumah.

3. Maroko

Di Maroko, terdapat tradisi saling membagikan roti khas Maroko ke tetangga pada Tahun Baru Islam. Tradisi ini ternyata sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Tak hanya berbagi, muslim di Maroko juga melakukan upacara peringatan di tanah terbuka. Upacara ini berisi kegiatan menyalakan api di sepanjang area dan penuh dengan lantunan lagu sepanjang hari.

4. Arab Saudi

Perayaan tahun Baru Islam di Arab Saudi dirayakan dengan meriah. Masyarakat saling mengirim salam dan menyampaikan harapan serta doa. Di kota Jeddah ada tradisi meminum segelas susu di pagi hari agar tahun baru bisa dijalani dengan bersih, putih, dan suci.

5. Mesir

Tak hanya Indonesia, Mesir juga memiliki perayaan yang unik dengan pertunjukkan yang menampilkan atraksi seperti penari sufi tradisional. Masyarakat mengenakan pakaian baru dan melakukan tarian dan nyanyian hingga timbul kegembiraan yang tak terbendung.

CNBC INDONESIA

Share :

Baca Juga

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Nasional

Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Online

Agama

Dua Jemaah Haji Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

Nasional

Begini Cara Memindahkan File Menggunakan Google Takeout

Nasional

Mengintip Gaji Ketua KPU Hasyim Asy’ari Sebelum Dipecat

Figur

Abuya Syech Amran Wali Al Khalidy Sambut Tiga Sultan di MPTT Cawang Jakarta

Nasional

Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024: Cek Jadwal dan Syarat Umumnya

Nasional

Kronologi Tindak Asusila Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan sebagai Ketua KPU