Home / Nasional / Teknologi

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:28 WIB

Begini Cara Memindahkan File Menggunakan Google Takeout

geektech.in

geektech.in

Jakarta – Cara tercepat untuk mendownload data Google Anda adalah dengan menggunakan Google Takeout. Ini memungkinkan Anda mengimpor dan mengekspor data dengan mudah dari banyak layanan Google.

Dengan Google Takeout, Anda dapat mengekspor gambar untuk diedit, mengosongkan ruang dengan mengarsipkan file lama, dan membuat cadangan untuk disimpan di hard drive atau layanan cloud lainnya. Anda juga dapat mengunduh data dari Google Kalender, Gmail, Google Drive Anda, bahkan data terkait penelusuran dan pergerakan Anda di Google Maps.

Cara menggunakan Google Takeout

Google Takeout menyediakan cara praktis untuk mendownload data Anda atau memindahkannya ke perangkat lain. Ini adalah cara paling sederhana untuk memindahkan barang Anda dari domain digital Google ke domain Anda sendiri. Jika Anda pertama kali menggunakan Takeout, mulailah dengan sesuatu yang bisa dikelola, contohnya seperti album foto.

1. Buka takeout.google.com dan pilih “Batalkan pilihan semua”. Secara default, Google Takeout memilih semua jenis data dan file untuk dimasukkan dalam arsip.

2. Gulir ke bawah dan centang kotak Google Foto.

3. Klik “Semua album foto disertakan” untuk memilih album yang ingin Anda sertakan dalam arsip. Secara default, semua album foto akan dipilih. Klik “Batalkan Pilihan Semua”, lalu pilih album foto yang ingin Anda unduh. Setelah selesai, klik “OK”.

4. Gulir ke bagian bawah layar dan klik “Langkah berikutnya”.

5. Anda akan diminta untuk memilih jenis file, frekuensi, dan tujuan arsip. Tentukan ukuran maksimum untuk setiap file arsip. Di bawah “Metode Pengiriman”, pilih tempat untuk mengunduh file arsip setelah siap.

6. Di bawah “Frekuensi”, pilih seberapa sering Anda ingin mengekspor file untuk diunduh. Pilih antara “Ekspor sekali” atau “Ekspor setiap 2 bulan selama 1 tahun”.

7. Di bawah “Jenis & ukuran file”, pilih jenis file untuk arsip dan ukuran maksimum. Jenis file default adalah .zip, yang dapat dibuka di sebagian besar komputer. Pilihan lainnya adalah .tgz, yang mungkin memerlukan perangkat lunak tambahan untuk dibuka di komputer Windows.

8. Klik “Buat ekspor” dan tunggu sementara Google mengumpulkan dan mengarsipkan file sesuai spesifikasi Anda. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa hari, tergantung pada jumlah dan ukuran file yang diminta.

9. Setelah pengarsipan selesai, Google Takeout akan mengirimkan email berisi tautan ke file yang diarsipkan. Dari email tersebut, klik “Unduh Arsip” untuk memulai unduhan. Data Anda akan berpindah dari server Google ke folder Unduhan Anda.

10. Saat mengunduh arsip, perhatikan tanggal “Tersedia hingga”. Anda memiliki waktu tujuh hari untuk mengunduh arsip sebelum Google menghapusnya.

Cara transfer data Gmail ke Google Takeout

1. Masuklah ke akun Google Anda dan buka Google Takeout.

2. Klik pada menu “Pilih data untuk disertakan” untuk memperluasnya.

3. Untuk mengunduh email Anda dari Google, gulir ke bawah hingga menemukan Mail (juga dikenal sebagai Gmail). Pesan email Anda akan disimpan dalam format MBOX, dan pengaturan pengguna Anda akan disimpan dalam format JSON.

4. Klik tombol “Semua data email disertakan” untuk membuka menu opsi konten Mail. Anda akan melihat daftar semua label dan kategori. Centang kotak “Sertakan semua pesan di Mail” untuk mengunduh semuanya, atau hapus centang pada kotak tersebut dan pilih satu per satu item yang ingin Anda unduh atau arsipkan.

(Harap dicatat bahwa Google telah meluncurkan pengaturan baru untuk memberi Anda kontrol lebih besar atas data Gmail dan Google Chat Anda.)

5. Untuk mengunduh data Anda, ikuti langkah 2-4 seperti yang dijelaskan sebelumnya di bagian “Unduh data Anda menggunakan Google Takeout”.

AVAST.COM | SPANNING | LIFE WIRE

Share :

Baca Juga

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Nasional

Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Online

Blockchain

Hubungan Antara Blockchain dan AI

Nasional

Mengintip Gaji Ketua KPU Hasyim Asy’ari Sebelum Dipecat

Figur

Abuya Syech Amran Wali Al Khalidy Sambut Tiga Sultan di MPTT Cawang Jakarta

Agama

Besok 1 Muharam 1446 H, Intip Tradisi Sambut Tahun Baru Islam di Dunia

Nasional

Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Juli 2024: Cek Jadwal dan Syarat Umumnya

Nasional

Kronologi Tindak Asusila Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan sebagai Ketua KPU