Home / Dunia

Rabu, 17 April 2024 - 18:15 WIB

Banjir Dahsyat Terjang Dubai

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA). Sumber : AP Photo/Jon Gambrell

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA). Sumber : AP Photo/Jon Gambrell

Dubai – Hujan lebat yang mengguyur sebagian Uni Emirate Arab (UEA) memicu genangan air di sejumlah titik jalan Dubai. Salah satu area yang terendam banjir dahsyat itu adalah Bandara Internasional Dubai.

Dilansir dari ABC News, Rabu, 17 April 2024, merujuk laporan kantor Meteorologi Dubai, hujan lebat tercatat pada Senin, 15 April 2024, antara pukul 10.00 malam waktu setempat.

Menurut organisasi meteorologi dunia, Dubai menerima curah hujan rata-rata 3,12 inci per tahun. Bandara Internasional Dubai untuk sementara juga mengalihkan penerbangan pada Selasa malam waktu setempat. Cuaca yang melanda Dubai cukup luar biasa ekstrem.

Semua entitas pemerintah dan sekolah, instansi swasta Dubai diinstruksikan untuk bekerja jarak jauh pada Selasa karena kondisi cuaca.

Kota Dubai menerima hampir seluruh curah hujan tahunan atau lebih dari 92 persen antara bulan November dan Maret. Rata-rata, Dubai biasanya menerima curah hujan hanya 0,13 inci selama April.

Sementara, mengutip dari laporan AP, badai petir yang melanda UEA pada Selasa kemarin memicu hujan terbesar yang tercatat di negara tersebut. Hanya dalam rentang waktu beberapa jam, banjir sudah mengenangi jalan raya utama dan bandara internasional Dubai.

Kantor berita WAM yang dikelola pemerintah UEA melaporkan hujan tersebut sebagai peristiwa cuaca bersejarah sejak 1949.

Hujan dilaporkan mulai turun pada Senin malam, membasahi jalan raya Dubai dengan curah hujan sekitar 20 milimeter (0,79 inci). Data itu menurut data meteorologi yang dikumpulkan di Bandara Internasional Dubai.

Namun, badai meningkat sekitar pukul 9 pagi Selasa setempat dan berlanjut sepanjang hari. Kondisi itu menyebabkan lebih banyak hujan.

Pada akhir Selasa, curah hujan lebih dari 142 milimeter (5,59 inci) telah menggenangi Dubai selama 24 jam. Rata-rata curah hujan mencapai 94,7 milimeter (3,73 inci) dalam setahun di Bandara Internasional Dubai yang dikenal bandara tersibuk di dunia untuk perjalanan internasional.

Di bandara, genangan air mengalir saat pesawat mendarat. Bandara tersebut akhirnya lumpuh sementara dengan menghentikan kedatangan pada Selasa malam. Para penumpang kesulitan mencapai terminal karena genangan air banjir yang menutupi jalan di sekitarnya.

Sumber: Viva

Share :

Baca Juga

Dunia

Akankah Kembalinya Wajib Militer Lindungi Eropa?

Dunia

Kamp Pengungsi Khan Younis Dibantai Israel, 71 Orang Tewas

Agama

Dua Jemaah Haji Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

Dunia

Keir Starmer Resmi Dilantik Jadi PM Baru Inggris

Dunia

Terungkap! AS Kirim 27.100 Bom & Rudal ke Israel untuk Bombardir Gaza

Dunia

Rombongan Unimal Disambut Duta Besar Rusia

Dunia

Sosok Raja Muslim Terkaya Sepanjang Sejarah, Harta Tembus Rp 8.000 T

Dunia

Unimal Jalin Kerja Sama dengan KSPEU Kazan Rusia