Home / Daerah

Selasa, 26 Maret 2024 - 00:12 WIB

6 Mayat Diduga Rohingya Kembali Ditemukan, Total 10 Mayat Sudah di Evakuasi

Foto: Antara

Foto: Antara

Aceh Jaya – Sebanyak enam jenazah diduga pengungsi Rohingya kembali ditemukan di Perairan Calang, Aceh Jaya. Total sudah 10 mayat dievakuasi tim SAR gabungan di daerah tersebut.

Keenam jenazah yang ditemukan semuanya berjenis kelamin perempuan. Mayat tersebut diperkirakan berusia 25 tahun hingga 40 tahun.

“Pukul 14.25 WIB tim SAR gabungan menemukan enam jenazah pada posisi 14 mil arah barat dari Perairan Ujung Muloh TPI Leumbesoh Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya,” kata Kepala Basarnas Banda Aceh Al Hussain kepada wartawan, Senin (25/3/2024).

Baca Juga  Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Menurutnya, pencarian korban hari ketiga dilakukan tim gabungan setelah mendapat informasi dari nelayan yang mengaku melihat mayat mengapung di laut. Setelah ditemukan, tim membawa keenam jenazah ke Dermaga Ujung Muloh dan tiba sekitar pukul 16.00 WIB.

“Tadi pukul 16.35 WIB keenam korban dievakuasi menggunakan ambulans menuju RSUD Teuku Umar Calang Aceh Jaya,” jelas Hussain.

Hingga hari ketiga, tim SAR telah menemukan 10 jenazah di sejumlah titik di laut Aceh Jaya. Jenazah tersebut diduga pengungsi Rohingya yang kapalnya terbalik di laut Aceh Barat pada Rabu (20/3).

Dalam video dilihat detikSumut, Rabu (20/3), puluhan pria tampak bertahan di atas kapal yang hampir tidak kelihatan. Mereka ramai-ramai melambaikan tangan meminta pertolongan.

Baca Juga  Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Dari video dilihat detikSumut, kapal yang mereka tumpangi hampir seluruhnya karam. Beberapa orang tampak duduk di atas dan sebagian di antaranya memegang jeriken. Video tersebut direkam nelayan yang tengah melaut.

Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek meminta para nelayan di daerah itu untuk menolong pengungsi tersebut dan membawanya ke daratan. Menurutnya, di atas kapal tersebut ada sekitar 60-an orang.

“Panglima laot Aceh perintahkan nelayan menolong manusia yang tenggelam tersebut. Mereka makhluk Allah yang lagi butuh pertolongan,” jelas Miftach.

Setelah dilakukan pencarian, tim SAR gabungan menemukan 69 orang yang masih bertahan di kapal. Mereka ditemukan pada Kamis (21/3).

 

Sumber: Detik.com

Share :

Baca Juga

Daerah

Gunakan Sabu, Polisi Tangkap Dua Wanita dan 1 Pria di Lhokseumawe

Daerah

Tiga Pria Penjual Orangutan di Aceh Tamiang Ditangkap Polisi

Daerah

PT PIM Salurkan Bantuan Masa Panik Untuk Korban Angin Kencang di Aceh Utara

Daerah

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Rusak 173 Bangunan di Tanah Luas

Daerah

Promosikan Wisata, Pemko Lhokseumawe Gandeng Gen Z pada Ajang Duta Wisata

Daerah

Gait Pendanaan Lembaga Internasional, Dosen Kedokteran Unimal Gelar Brain Awareness Week di Lhokseumawe

Daerah

Diisukan Maju Cagub, Ketua DPRA Minta Pj Gubernur Aceh Mundur-Tak Munafik

Daerah

Hitung Ulang Surat Suara, Kursi Gerindra di DPRA Beralih ke PAS di Aceh Timur