Home / Dunia

Selasa, 2 April 2024 - 10:37 WIB

Konsulat Iran di Damkaskus Dibom Israel, Tujuh Tewas

PHOTO/Maher al Mounes/Louai Beshara

PHOTO/Maher al Mounes/Louai Beshara

LinkkaMedia – Serangan udara Israel menghancurkan gedung Konsulat Kedutaan Iran di Damaskus, Suriah, Senin, 1 April 2024. Seorang komandan penting Garda Revolusi termasuk di antara tujuh anggota pasukan yang tewas akibat serangan tersebut.

Israel mengatakan pihaknya tidak akan mengomentari serangan tersebut, namun para pejabat Iran berjanji akan memberikan tanggapan keras karena khawatir akan terjadinya kekerasan lebih lanjut antara Israel dan sekutu Iran yang dipicu oleh perang Gaza.

Korps Garda Revolusi Islam Iran menyebut Brigadir Jenderal Mohammad Reza Zahedi dan perwira tinggi lainnya, Brigadir Jenderal Mohammad Hadi Haji Rahimi, termasuk di antara tujuh anggotanya yang tewas.

Pemantau perang yang berbasis di Inggris, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan 11 orang, termasuk beberapa anggota Garda, tewas ketika misil Israel… menghancurkan gedung tambahan di Kedutaan Iran.

“Jumlah korban termasuk delapan warga Iran, dua warga Suriah dan satu warga Lebanon – semuanya pejuang, tidak satu pun warga sipil,” kata Rami Abdel Rahman, kepala Observatorium dengan jaringan sumber di Suriah, kepada AFP.

Duta Besar Iran untuk Suriah, Hossein Akbari, yang menyebutkan jumlah korban lebih sedikit, mengatakan kepada TV pemerintah Iran bahwa setidaknya lima orang tewas dalam serangan jet tempur F-35 yang menembakkan enam rudal ke gedung tersebut.

Wartawan AFP melihat bangunan tambahan telah runtuh, dan layanan darurat bergegas mencari korban di bawah reruntuhan ketika sirene meraung-raung di distrik Mazzeh di Damaskus.

Petugas keamanan melindungi lokasi di mana alat berat tengah membersihkan puing-puing dan mengeluarkan kendaraan yang hangus dari jalan di luar, disaksikan kerumunan orang.

Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan, serangan itu menghancurkan seluruh bangunan, membunuh dan melukai semua orang di dalamnya, dan upaya sedang dilakukan untuk menemukan mayat-mayat tersebut dan menyelamatkan yang terluka dari bawah reruntuhan. [AFP PHOTO/Maher al Mounes/Louai Beshara]

Medcom.id

Share :

Baca Juga

Dunia

Akankah Kembalinya Wajib Militer Lindungi Eropa?

Dunia

Kamp Pengungsi Khan Younis Dibantai Israel, 71 Orang Tewas

Agama

Dua Jemaah Haji Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

Dunia

Keir Starmer Resmi Dilantik Jadi PM Baru Inggris

Dunia

Terungkap! AS Kirim 27.100 Bom & Rudal ke Israel untuk Bombardir Gaza

Dunia

Rombongan Unimal Disambut Duta Besar Rusia

Dunia

Sosok Raja Muslim Terkaya Sepanjang Sejarah, Harta Tembus Rp 8.000 T

Dunia

Unimal Jalin Kerja Sama dengan KSPEU Kazan Rusia