Home / Kesehatan / Lifestyle / Nasional

Jumat, 24 Mei 2024 - 09:37 WIB

3 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Singkong Rebus

Ilustrasi. Terdapat sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan singkong rebus. (iStockphoto/Rahmah Hastuti)

Ilustrasi. Terdapat sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan singkong rebus. (iStockphoto/Rahmah Hastuti)

Jakarta – Banyak orang menyukai singkong rebus sebagai menu sarapan atau camilan sehat. Namun ternyata, ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan singkong rebus.

Singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang bermanfaat bagi tubuh.

Melansir Healthline, satu porsi singkong matang seberat 3,5 ons atau 100 gram mengandung 191 kalori. Sekitar 84 persen diantaranya berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan lemak.

Karbohidrat kompleks sendiri bermanfaat untuk meningkatkan energi, menjaga berat badan, mengoptimalkan massa otot, mengatur gula darah, hingga mendukung kesehatan otak.

Meskipun memiliki ragam manfaat, kombinasi makanan tertentu dengan singkong rebus harus dihindari untuk menjaga kesehatan.

Food combining

Banyak yang menerapkan prinsip food combining untuk mengatur makanan yang dikonsumsi agar memaksimalkan nutrisi harian tubuh.

Baca Juga  Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

Dilansir dari Food Insight, food combining adalah pola makan yang mengatur kombinasi makanan berdasarkan teori bahwa kombinasi yang tepat dapat mencegah gangguan pencernaan dan penyakit.

Pola makan ini membagi makanan ke dalam beberapa kategori, diantaranya asam (daging, produk olahan susu, ikan, gandum), netral (lemak, gula, pati), dan basa (biji-bijian, buah, sayur, kacang-kacangan).

Mengutip Healthline, prinsip utama food combining antara lain :

– Makanlah buah hanya saat perut kosong, terutama melon.

– Hindari menggabungkan pati dan protein.

– Hindari menggabungkan pati dengan makanan asam.

– Hindari menggabungkan berbagai jenis protein.

– Konsumsilah produk susu hanya pada saat perut kosong, terutama minuman susu.

Singkong rebus dalam food combining

Singkong rebus merupakan sumber karbohidrat dan kaya akan pati resisten, sejenis pati yang melewati pencernaan dan memiliki sifat yang mirip dengan serat larut, sehingga ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan singkong rebus.

Berikut daftarnya:

1. Makanan dengan kandungan asam

Buah jeruk, tomat, cuka, dan makanan lain yang bersifat asam dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan perut kembung atau gangguan pencernaan lainnya.

2. Protein

Daging, ikan, ayam, dan produk susu tidak boleh dikonsumsi bersama singkong karena dapat menghasilkan asam berlebih dalam tubuh yang berdampak buruk pada kesehatan.

Baca Juga  Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

3. Gula

Kombinasi singkong dengan makanan manis seperti kue atau dessert mengandung gula tinggi bisa menyebabkan masalah pencernaan dan meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Meski prinsip food combining belum terbukti secara ilmiah meningkatkan kualitas kesehatan, beberapa anjuran seperti meminimalkan konsumsi karbohidrat dan lemak dapat membantu penurunan berat badan.

Namun, penting untuk tidak menjadikan food combining sebagai satu-satunya patokan pola makan sehari-hari.

Risiko pengolahan singkong yang salah

Singkong mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, tembaga, dan serat. Namun, perlu diingat bahwa singkong juga mengandung senyawa berbahaya jika dikonsumsi mentah.

Singkong mentah mengandung bahan kimia yang disebut glikosida sianogenik. Jika dimakan, ini dapat melepaskan sianida ke dalam tubuh.

Proses pengolahan yang tepat diperlukan untuk menghilangkan senyawa beracun tersebut. Mengonsumsi singkong dalam yang tidak berlebihan sangat dianjurkan.

Karena itu, selain menghindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan singkong rebus, Anda harus mengolahnya dengan cara yang tepat agar bisa diambil manfaatnya secara maksimal.

CNN Indonesia

Share :

Baca Juga

Daerah

Sambut HUT ke-56, BPJS Kesehatan Gelar Lomba Cover Lagu: Total Hadiah Rp40 Juta

Nasional

Aplikasi MyTelkomsel Jadi SuperApp, Bisa Bayar Tol Tanpa Tap Kartu Lagi!

Ekonomi

Tembus Ratusan Triliun, Segini Uang Negara Habis Buat Gaji-Tukin PNS

Nasional

Keponakan Prabowo, Thomas Djiwandono Calon Wakil Menteri Keuangan, Untuk Memuluskan Transisi Kekuasaan?

Daerah

Gait Pendanaan Lembaga Internasional, Dosen Kedokteran Unimal Gelar Brain Awareness Week di Lhokseumawe

Nasional

TechnoPlast Unimal Jalani Visitasi, Ini Harapan Rektor Unimal

Nasional

Magister Sosiologi Unimal Jalani Asesmen Lapangan untuk Akreditasi BAN-PT

Nasional

Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Online